(Foto oleh: Asikk3)

Tanjungpinang- Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau menyatakan kasus aktif COVID-19 di daerah tersebut, nol, setelah seorang warga Pulau Numbing ditanyakan sembuh.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Bintan Gama AF Isnaeni, di Bintan, Rabu (24/11), mengatakan, di daerah tersebut sudah lebih dari 10 hari tidak ada terjadi penambahan pasien baru COVID-19. 

"Seorang warga Pulau Numbing yang terinfeksi COVID-19, hanya menjalani isolasi mandiri karena tidak memiliki gejala. Sudah lebih dari dua pekan menjalani isolasi mandiri sehingga dapat dianggap sudah sembuh," katanya.

Total jumlah kasus COVID-19 di Bintan sejak pandemi sampai sekarang mencapai 5.584 orang. Pasien yang sembuh sebanyaj 5.403 orang, dan yang meninggal dunia 180 orang.

Ia mengingatkan warga untuk tetap waspada dengan tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular COVID-19.

Mobilitas penduduk yang cukup tinggi menyebabkan masyarakat perlu tetap waspada. Ditambah lagi dengan kondisi geografis Bintan yang cukup terbuka, dan merupakan kawasan pariwisata sehingga ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah.

"Jangan euforia secara berlebihan dengan kondisi baik ini. Menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga diri kita, dan orang-orang di sekeliling kita agar tidak tertular COVID-19 sebagai tindakan elegan. Ini bentuk rasa syukur," ujarnya, yang juga Kadis Kesehatan Bintan.

Gama menjelaskan ada kemungkinan telah terbentuk "herd imunity" (kekebalan imunitas) di Bintan sehingga tidak ada kasus baru di daerah itu. Kekebalan imunitas disebabkan pengaruh vaksin. 

"Masyarakat harus terus mengonsumsi makanan yang bergizi dan berolah raga agar tubuh seimbang," katanya.