(Foto oleh: Asikk3)

TANJUNGPINANG- Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Nasional mensyaratkan pelaksanaan seleksi CPNS 2021, wajib melaksanakan swab test dan rapid test. Pemerintah Provinsi Kepri memberikan tes secara gratis kepada para peserta seleksi CPNS. Tes dilaksanakan sehari sebelumnya, sesuai jadwal seleksi.

“Sesuai kebijakan Pak Gubernur, kita memberikan tes antigen gratis kepada para peserta seleksi CPNS. Pak Gubernur kasian, anak-anak datang jauh-jauh dari pulau. Balek, tak lulus pulak, harus keluar duit lagi untuk tes antigen. Jadi diberikan gratis,” ujar Fery Coloso, Kabid Pengadaan, Informasi Kepegawaian dan Penilaian Kinerja pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Kepri, Rabu (8/9).

Tes antigen gratis ini diberikan kepada seluruh peserta seleksi CPNS, tidak hanya di lingkungan Pemprov Kepri saja, tetapi juga di kabupaten dan kota. Alat tes antigen tersebut, merupakan bantuan dari Temasek Foundation, Singapura.

Untuk pelaksanaan tes antigen di masing-masing kabupaten dan kota, teknisnya diserahkan kepada masing-masing pemerintahan. Sedangkan untuk peserta seleksi CPNS di lingkungan Pemprov Kepri, tes antigen dilaksanakan satu hari sebelum pelaksanaan tes.

“Seleksi CPNS kan tanggal 15 sampai 18 Sepetember. Tes antigennya sehari sebelumnya, yaitu pada 14 sampai 17 September di Aula Wan Seri Beni, Dompak. Jadwalnya sudah kita sampaikan melalui pengumuman. Harus datang sesuai jadwal, agar tidak membludak,” terang Fery.

Tes dilaksanakan pada pukul 13.00 sampai dengan 16.00. Ada 584 orang peserta seleksi CPNS di lingkungan Pemprov Kepri, yang dijadwalkan mengikuti tes antigen. Untuk melakukan tes antigen, peserta seleksi diharuskan membawa identitas diri dan juga kartu ujian. 

Nantinya hasil tes antigen, harus dibawa serta saat ujian. Bagi peserta yang dinyatakan reaktif saat tes antigen, akan dijadwalkan ulang untuk seleksi.