Warga melaksanakan Salat Idul Fitri di salah satu masjid di Tanjungpinang Timur.

TANJUNGPINANG– Pemerintah Provinsi Kepualauan Riau, bakal melonggarkan aktivitas masyarakat di tempat ibadah mulai Jumat, (29/5/2020) pekan ini. Kebijakan ini bagian dari langkah Pemprov Kepri, dalam menyambut era new normal yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Provinsi Kepri masuk dalam pilot project penerapan new normal dari pemerintah pusat, bersama Yogyakarta dan Bali.

“Untuk menyambut new normal kita akan mulai dari masjid. Mulai salat Jumat ini seluruh akan kita buka, tapi dibatasi dengan protap kesehatan,” ujar Plt Gubernur Kepri, Isdianto di Gedung Daerah, Selasa (26/5/2020).

Langkah ini dilakukan karena Pemprov Kepri khawatir tingkat kejenuhan masyarakat akan terus meningkat apabila pembatasan tempat ibadah terus dilakukan. Pelonggaran aktivitas ibadah ini dikarenakan Pemprov yakin, masyarakat Kepri mampu mengikuti protocol kesahatan Covid-19.

Saat ini Pemprov Kepri sedang menyusun regulasi pelonggaran aktivitas di tempat ibadah. Secara bertahap, tak hanya aktivitas di tempat ibadah saja yang dilonggarkan, namun secara berangsur aktivitas di tempat umum lainnya juga akan dibuka. 
Diharapkan nantinya secara berangsur, perekomian akan kembali normal. “Dengan begitu saya yakin dan percaya roda perekonomian akan bergulir kembali,” sebut Isdianto.
(Novyana)